Jun 2, 2009

KBB#11 ONBITJKOEK




Pas lagi chek e-mail, Bertapa bahagianya diriku mendapatkan surat cinta dari KBB. Bayangkan bacanya aja sambil cengar-cengir, maklum baru diterima jadi anggota Klub Berani Baking.

Tetapi entah karena pengacara (pengangguran banyak acara) or ibu rumah tangga yang sok sibuk, ternyata sampai mau akhir penyerahan laporan kok belum bikin juga yaa hehe… Untung bahan-bahan yang lain ada, tinggal cengkih yang masih missing nich, sekalian nganter my baby girl control bulanan mampir deh pergi ke pasar, tidak lupa dipasar ngeBakso dulu, mumpung ada bakso enak xixixi… (dasar ibu-ibu.. gagal deh diet…) tapi ternyata disana nga ada cengkih yang bubuk, ya udah deh beli yang batangan aja.

Nyampe rumah si baby langsung bobo siang, cepet-cepet siapin bahan-bahan n mulai bikin deh. Adonan telur di mixer pas mau masukin terigu eh…. ternyata cengkihnya lupa nga diblender, ya udah deh diuleg aja (mana nga alus lg nguleknya). Sesudah adonan jadi, masuk Loyang deh. Ternyata…… loyangnya lupa nga dialasi kertas apalagi dioles mentega n ditabur tepung. Wasduuuhhh… lengket nga yaa??? nanti kuenya gagal, kan bisa-bisa memalukan masa baru masuk KBB udah gagal. Kayanya emng amatiran banget deh bakul kuenya (ngeles banget yaa…. Xixixi…). Setelah dioven dan ditaburi almon (nga punya persediaan kenari nich di rumah), Emmm wanginya…. Harum… Jd nga sabar buat nyobain.. and Rassanya ennyyaakk….

Emang nga nyesel deh ikutan KBB, karena kita bisa mencoba resep-resep yang kita nga tau.. thans yaa buat KBB and Mba Lia and Mba Ventin.




KBB#11 - ONBITJKOEK
Sumber : Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.

Bahan :
125g gula palem/gula merah
5 kuning telur
3 putih telur

Campur rata :
125g tapung terigu
1sdt peres kayumanis bubuk
½ sdtpala bubuk
¼ sdt cengkih bubuk

Taburan :
50g kenari, iris tipis

Cara :
1. Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik.
2. Masukkan campuran tepung kedalam kocokan telur, aduk rata.
3. Tuang kedalam Loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang Sudah dioleso mentega dan ditaburi tepung.
4. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera

3 comments:

  1. knp didlm resep tidak ada pemakaian margarine/butter bukannkah penambahan bahan tersebut membuat kue anda menjadi lebih lembut dan agak lembab :)

    ReplyDelete
  2. iya nich, seharusnya ditambah butter yaa..
    pengen coba resep aslinya dulu, nanti percobaan kedua coba ditambah butter deh.

    ReplyDelete
  3. Hi Tinna, selamat ya udah lolos tantangan pertamanya. Memang sih, di KBB diutamakan utk mencoba resep apa adanya tanpa merombak resep, setidaknya rombakannya gak banyak2 amat (misalnya gak ada stok bahan karena keadaan pasar)... dari membuat dgn resep asli, kita jadi bisa membandingkan hasilnya dengan hasil teman2 kita, terutama kalau hasilnya gatotisasi ;-p

    salam,
    regina

    ReplyDelete